HATI HATI NAM !

dipersembahkan oleh ylsvtr on Sunday, October 17, 2010

Hati-hati dengan email yang ditujukan kepada anda. Tampilan dan isi email yang datang sangat meyakinkan, dengan isi email kira-kira seperti ini :

Pengguna Facebook,

Dalam rangka meningkatkan pengalaman online anda lebih aman dan menyenangkan, Facebook akan mengimplementasikan sistem login baru yang akan diterapkan bagi semua pengguna Facebook. Perubahan-perubahan ini memberikan fitur baru dan meningkatkan pengamanan akun Facebook anda.

Sebelum anda dapat menggunakan sistem login yang baru, anda perlu memperbarui akun anda.

Klik disini untuk memperbarui akun anda secara online.

Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan lihat di New User Guide.

Terimakasih,

Team Facebook

Jika anda pengguna Facebook, tentunya anda akan hakul yakin bahwa pesan tersebut datang dari administrator Facebook. Tetapi jika anda perhatikan link pada tulisan “here” (disini) maka link tersebut juga dibuat seolah-olah datang dari Facebook …… padahal bukan. Link tersebut sangat mirip dengan link facebook yang selalu diawali dengan www.facebook.com, tetapi jika anda teliti lebih jauh, maka link tersebut sebenarnya bukan www.facebook.com tetapiwww.facebook.com.qwease.eu.

Jika anda melanjutkan dengan memasukkan data Facebook anda dengan memasukkan “Email” dan “Password” (sebagai informasi, pada tahap ini sebenarnya rekening akun Facebook anda sudah direkam oleh virus ini pada server login tadi, maka jika anda pernah mengalami hal ini Vaksincom menyarankan anda untuk SEGERA mengganti password Facebook anda) maka anda akan dibawa ke tahap berikutnya untuk mendownload file “update” Facebook

Jika anda mendownload file “updatetool.exe” dan menjalankan file ini, TIDAK ADA yang akan berubah pada fitur Facebook anda, melainkan komputer anda akan terinfeksi virus Zbot dan salah satu aksinya adalah menjadikan komputer anda sebagai host untuk mengirimkan SPAM yang berisi email seperti pada gambar 1 di atas. Jika anda menggunakan Norman Security Suite, file “updatetool.exe” ini akan terdeteksi sebagai W32/Zbot.DBB dan akan langsung dibasmi oleh Norman.

{ 0 komen nih...... read them below or add one }

Post a Comment