Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tema : Globalisasi

dipersembahkan oleh ylsvtr on Wednesday, October 13, 2010

Assalammualaikum wr . wb

Selamat siang guru pembimbing yang saya hormati, teman-teman semua yang saya sayangi. Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato mengenai Globalisasi serta dampak baik dan buruknya.

Globalisasi berasal dari kata global yang secara harfiah berarti umum, mendunia. Globalisasi merupakan suatu kondisi dimana perbedaan jarak dan letak geografis bukan lagi menjadi penghalang untuk berkomunikasi. Globalisasi dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu tekhnologi komunikasi dan informasi serta tekhologi transportasi.

Harus kita akui bahwa globalisasi telah mengikat seluruh aspek kehidupan manusia. Apalagi di Indoneia yang serba meniru Negara barat. Mulai dari pakaian, makanan, pendidikan, life style atau gaya hidup dan lainnya. Yang pertama kita lihat dari segi pakaian, di Indonesia khususnya di kota-kota besar memakai pakaian minim dan seksi bukan menjadi hal tabu lagi di kalangan orang dewasa bahkan di kalangan remaja. Pakaian jaman sekarang minim dan terbuka merniru pakaian ala budaya barat yang tidak sesuai dengan norma-norma budaya di Indonesia, dan tidak sesuai dengan norma agama Islam yang mendominasi di Negara kita ini. Coba kita tengok di pusat perbelanjaan di sekitar kita, banyak restoran fast food yang jelas dari luar. Memang tidak ada bedanya makan di restoran fastfood dan di warteg atau rumah makan Padang, namun masyarakat kita ini terlalu gengsi untuk makan di warteg atau rumah makan Indonesia. Sungguh ironi, bukan?

Banyak lagi contoh-contoh perilaku akibat globalisasi di sekitar kita. Seperti kehidupan yang dulu ribet dan rumit kini menjadi serba instan dan efisien. Menguntungkan bagi kita, sih, tapi kita juga harus pintar memilah milih tindakan yang akan kita perbuat. Misalnya lebih baik makan dirumah daripada makan di restoran fastfood, selain mengirit uang juga menyehatkan, karena kita tidak tahu kandungan apa yang ada dalam makanan itu dan seberapa higienisnya makan tersebut. Namun kita juga tidak boleh terlalu tertutup dan selalu menolak semua arus globalisasi, karena tidak sedikit dampak positif dari globalisasi.

Demikianlah pidato saya kali ini, jika ada salah-salah kata kepada semua saya minta maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Wassallamuallaikum wr wrb..

{ 0 komen nih...... read them below or add one }

Post a Comment