Open for Business ~ PART 1

dipersembahkan oleh ylsvtr on Friday, August 2, 2013

Assallamualaikum :)


Halo semua.
Hayo, lagi liatin apa? :)

Yup.
Saya kok jadi senang berbisnis gini, ya? Apa sebenarnya tujuan saya berbisnis?
Kalau anda berbisnis, tujuannya untuk apa?

Kalau saya sih, berbisnis tujuannya yang pertama ya... untuk menambah uang jajan :D
Walaupun Mama sudah memberi uang jajan, tetapi kalau kita punya uang tambahan kan enak, yang uang jajan dari orangtua bisa kita tabung atau sebaliknya, uang hasil bisnis yang ditabung.
Tidak cuma urusan uang, berbisnis bagi saya adalah sebuah tantangan dan pengalaman.

Tantangannya yaitu, kita harus menjadi penjual yang 'trusted, no abal, creative'
Itu istilah dalam duni FONT dan TEMA BB.
Dunia yang sedang saya coba geluti.

Hah? Jualan Font sama Tema BB?
Emang ada yang mau beli? Wong tinggal download, kok.
Ain't nobody got time for that :)

SSSHHH;

Buka mata, buka mata hati kita. Masih banyak diluar sana yang menginginkan font yang lucu bentuknya, tema yang berkualitas dan tidak monoton.
Pangsa pasarnya memang untuk umur 20 tahun kebawah, tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa banyak juga yang tertarik membeli font dan tema HANDMADE para MAKER dan tidak bisa di download secara GRATIS dimanapun.

Ternyata, bukan hanya font dan tema saja yang diperjualbelikan. Tapi ada juga;banner,logo,cursor,signboard,cover,web wallpaper,software maker, bahkan tutor untuk menjadi maker.

Wow, banyak juga, ya....

Awalnya saya tidak mengerti sama sekali. Karena banyak istilah asing yang baru saya ketahui, semisal;
~Booked : iya tahu, tapi di sini diperjelas maksudnya 'booked' adalah kita harus sudah membayar sejumlah harga tapi barang/itemnya belum dikasih oleh sang penjual/maker dikarenakan item masih dalam proses pembuatan
~Ready : ini berarti item yang dibuat oleh para maker sudah siap untuk dikirim kepada para buyers. Biasanya harga ready lebih mahal dari harga booked. Kalau kita membeli barang dengan mem-booking-nya terlebih dahulu kita bisa mendapat free dari si maker tergantung dari kebaikan hati Maker ^^
~Pack : ini salah satu produk jualan, nih. Banyak jenisnya, mulai dari Maker Pack, Sller Pack, Tutor Pack dll. Bahkan ada pack yang lengkap dan isinya banyak sekali. Namun akhir-akhir ini terdapat trouble karena banyak 'maker abal' yang tidak bertanggungjwaba membuat pack atas namanya tapi ternyata dia hanya me-rename pack maker yang lain dan itu sangat merugikan pembeli. Ditambah masalah lagi karena para maker tidak suka kalau ada yang menjual software dan tutor yang bisa menbuat maker semakin banyak, akhirnya banyak Customer yang berubah menjadi maker. Lalu, siapa dong yang mau beli?
~Maker : daritadi disebut-sebut, nih. Maker itu istilah untuk seseorang yang dapat membuat font,tema,banner,logo dsb. Tidak harus bisa membuat semua itu untuk menjadi maker.
~Cust : pembeli :)
~Assist : Assisten, seperti reseller, biasanya digaji berupa pulsa dan item.
~BBH, BBP, BBPN : Intinya Bagi-Bagi. Bagi-bagi Hadiah, biasanya hadiahnya items, syaratnya hanya membroadcast ulang apa yang di-bc oleh pembuat bbh. Kalau BBP=Bagi-bagi Pulsa, BBPN=Bagi-bagi Pintis dan Notis. Banyak hoax nih kalau BBH, masa' ada yang ngasih hadiah MOBIL?! Think again dong.
Biasanya juga mereka mengadakan lomba VN(nyanyi),edit foto dll. Intinya mereka akan mendapat banyak request pin masuk dan hanya mengeluarkan hadiah items2 buatan orang lain, seperti promote saja.
~Pintis, Notis : Pn Artis dan Nomor HP Artis. Entahlah real atau tidak. Malah ada yang parody. Entah, saya sama sekali tidak tertarik. WIIW.
~BL : Blacklist. Biasanya yang di-blacklist itu melakukan penipuan. Kalau sudah di-blacklist akan dilanjutkan dengn BOMPIN.
~BomPin : Saya juga kurang tahu, tapi katanya bisa membuat BB rusak. Mungkin seperti serangan beribu-ribu ping/bbm masuk kali, ya ?
~NBC : no broadcast. Artinya dia 'gak mau di broadcast. Kalau seller update biasanya 'gak mau ada kontak NBC , jadi yang NBC di Delcont. Kata mereka,"Buat apa ada kontak kalau dia 'gak mau di-broadcast. Gimana mau nawarin jualannya. Saya disini jualan bukan nambah-nambah kontak saja."

Wow banyak juga yang sudah saya jelaskan. Masih banyak lagi istilah di dunia BISNIS MODAL BLACKBERRY.

Modalnya cuma Blackberry, Sedikit perlengkapan digital, tekad kemauan dan pantang menyerah serta sedikit sentuhan KREATIVITAS.

Seneng banget bisa jadi salah satu bagian dari dunia bisnis ini. Bisa ngerasain rasanya berhubungan dengan pembeli. Bagaimana cara menawarkan sesuatu, berusaha menjadi penjual yang ramah dan pastinya pembeli akan merasa senang :)

Tapi sayang, aku masih agak bandel, nih. Aku malas jualan :'(
Padahal banyak item-item yang lucu dan bagus-bagus yang bisa di jual.
Aku fokus OPEN REQUEST THEME. Itupun hanya untuk tipe 8520 (Gemini OS 5).
Tapi Alhamdulillah banyak yang beli, kok hehe.

Dan momen yang paling membahagiakan saat pembeli menyukai tema yang sudah kita buat khusu untuk mereka. Asiiiik banget rasanya :)

Doakan saya mudah-mudahan bisnis ini lancar, enjoy banget ngerjainnya. Walaupun dibayar lewat pulsa juga enggak rugi. Karena tidak usah beli pulsa lagi, bener, kaaaaan?

Itulah sekilah tentang bisnis yang mulai saya tekuni. Saya terinspirasi dari Mbak teman saya yang punya banyak mimpi untuk berbisnis.

Bismillah semoga Lancar :)



{ 0 komen nih...... read them below or add one }

Post a Comment