Contoh Teks Drama Tema : Penyimpangan Sosial

dipersembahkan oleh Yola Svtr on Sunday, February 27, 2011

assallamuallaikum
gw dapet tugas nih disuruh buat teks drama gitu di pelajaran Sosiologi
ya tentunya masih ada kaitannya dengan bidang study itu lah
soalnya temanya tentang penyimpangan sosial gitu
dipraktekin lagi yah gapapalah ya seru malah ngedirect soundnya juga
gw pake aja soundtracknya Twlight yang Eclipse hahaha *crossfinger*

okedeh ini dia teks dramanya kalau mau di kopas buat tugas sekolahnya gapapa kok hehehe
ITU YANG KUMAU *apaan gak maksud*
ENJOY :)

SITUASI
Antara deskriminasi dan kriminalitas




Genk anak Rohis
Neri : lemah, cengeng, teguh dalam perkataannya
Hafiz : sabar, cekatan, dan soleh
Aida : baik, penyabar

Genk anak Metal
Ade : Humoris, pemakai narkoba
Hesti : Galak, Sombong
Oktia : Cerewet, bertingkah semaunya
Yola : Judes, gak perduli sesama




I

Suatu siang di kelas yang cukup berantakan , Dua anggota Genk Metal berkumpul sambil mendengarkan musik dengan suara keras. Di belakang mereka, berkumpul juga ketiga anak rohis yang sedang membaca buku, tiba-tiba terdengar suara adzan.
(suara adzan dzuhur berkumandang)

Hafiz : “Weh adzan tuh, sholat yok!”. (berdiri mengangkat sarungnya)
Aida  : “Eh, hafiz tolong dong bilangin ke oktia suruh kecilin tuh suara                                 laptopnya kenceng banget kan lagi adzan”.                                                  (menoleh ke arah oktia lalu menatap hafiz)
Neri   : “Iya tuh suara yola nyanyi juga , kok mereka gak ngehormatin muadzin itu lagi adzan sih, heran gw”.                                                (menggeleng-gelengkan kepalanya)
Hafiz : “Ya sudahlah, mereka dikasih tau juga pasti gak mau dengar, dari                      pada bikin emosi dan nambah dosa mendingan gw langsung sholat                      aja, siapa yang mau ikut?”
Aida  : “Ikut fiz, sendirian gw.”
Hafiz : (menoleh kearah Neri)”gak sholat, Ner?”
Neri   : “Lagi enggak fiz, Da. Gw mau nasehatin mereka aja deh, kan dakwah harus ditegakkan dimana aja. Jangan takut ditindas karena berdakwah di jalan Allah.”
Aida  : “Iya Ner, emang betul apa yang lo omongin, gw sama hafiz duluan ya, Assallamuallaikum…”                                                    (berlalu mengikuti hafiz yang sudah beranjak dari kursinya duluan).


Neri   : (menatap ke arah Yola dan Oktia)
Oktia : (memebesarkan suara laptopnya)”beh keren banget lagu ini.”
Yola  : “Iya, gak ada guru gini enakan ngedengerin lagu.”
Neri   : (menghampiri yola dan oktia)”Ehm..yola,tia tolong kecilin            volumenya sedikit dong, kan lagi adzan.”
Oktia : “Terus kenapa kalau adzan? alah..”(tidak mempedulikan Neri)
Yola  : (menoleh dengan tatapan risih terhadap Neri yang mematung diam                  karena dibentak Oktia) “Ngapain lo disini?”
Neri   : “Itu volumenya yol, kecilin dikit dong, lagi adzan nih.”
(Neri berkata dengan hati-hatinya)
Oktia : (mengecilkan suara laptop)
Neri   : (berdiri mematung memperhatikan Yola dan Oktia)
Yola  : “Nah ngapa lo masih disini, kan udah dikecilin sih volumenya, mau apa lagi!”
(ia membentak Neri yang belum pergi dari tempat mereka)
Neri   : “Kalian gak sholat?”
Oktia : “Enggak, kita orang Males! Udahlah pergi!”(mendorong tubuh Neri)
Yola  : “Bacot lo Ner! Gak usah ngusik kita orang deh pergi lo sana!”

Neri berbalik meninggalkan Oktia dan Yola dengan tatapan murung
Neri   : (dalam hati)”Kenapa sih mereka masa gw ngomong baik-baik malah               dibentak gini. Susah memang berdakwah di jalan Allah nih.”



Tiba-tiba Ade dan Hesti datang menghampiri Oktia dan Yola
Ade&Hesti  :
(datang dari luar kelas, lalu duduk di kursi dekat Oktia dan Yola)
Ade   : “Ngapain si Neri itu nangis?”
Yola  : (kaget)”Yatah, masa nangis sih, kasian banget, ish… Tadi sih                sok nyeramahin gw sama Oktia nyuruh sholat, dih apa banget sih.”
Hesti : “Alah orang-orang kayak Neri itu sama temennya siapa tuh anak alim itu di abaikan aja lah, gak penting.”
(membuka snack yang tadi dia bawa)
Oktia : “Dari kantin ya Hes? Gak ngajak-ngajak lagi lo ini.”
(pura-pura memasang wajah kecewa)
Hesti : “Diajak Ade ini geh, hahaha. Dia lagi ada misi di kamar mandi.”
Yola  : “Ih parah lo De, ngerokok tah? Ckckck.”
(menggeleng-gelengkan kepalanya)
Oktia : “Jangan-jangan lo bawa sensor ke sini ya? Gila lo pengen    ditangkep banget lo yah !”
(berkata dengan semangatnya)
Ade   : “Hahaha santai aja kali, gak bakal ketauan kalau sama gw mah. Hesti             aja udah nyoba kok, iya gak Hes?”
(mengedipkan matanya)
Hesti : (menganggukkan kepalanya) “Sssttt…diem-diem aja. Kamu orang         mau juga gak? Ntar siang kerumah gw aja kita pesta disana hahaha.”
Oktia : “Gak! Gak mau gw. Ngeri Ti, lo mah berani yah, gw mah takut aja        ketagihan. Lo Yol, mau lo?”(menatap kearah Yola)
Yola  : “Apalagi gw, ngeri aja ketagihan gw, rokok aja udah gak nahan gw        tbc garagara ngerokok.”
Ade,Hesti,Oktia,Yola: “hahahahahaahahahahahahah”
II

Ketika Aida dan Hafiz selesai shalat tiba-tiba Neri menghampiri mereka sambil memasang muka murung.
Hafiz : “ Kenapa lo ner?”
Neri   : “ Kenapa kek?” ( dengan muka yang murung)
Aida  : “ Seriusan sih Neri, kok lo murung banget sih, senyum itu kan               sebagian dari iman?”
Neri   : “Sebel gw dengan dia orang, kan tadi itu gw ngomong baek-baek tapi gw malah di bentak ma dia orang L
Hafiz : “Sabar-sabar aja Ner, sebel itu pangkal dosa, jangan hanya gara-gara            itu dosa kita nambah, lo gak mau kan
Neri   : ( terdiam setelah mendengar perkataan Hafiz )
            “Iya tapi gw sebel aja, gw kan cuman ngasih tau aja tapi kenapa dia orang malah ngebentak gw, gua kan gak terima”.
Aida  : “Ya udah lah gak usah di pikiran, kita ke kelas aja yuk”.

Aida, Hafiz, dan Neri berjalan menuju kelas mereka. Sesampainya di kelas Hafiz langsung menghampiri Ade,Yola,Oktia,dan Hesti.
Hafiz : “Kenapa tadi kamu orang ngebentak temen gw?”.
          (Hafiz berkata kepada anak-anak genk metal)
Yola  : “Siapa yang ngebentak?, kita orang cuman ngasih tau aja, kenapa dia nangis cemen banget sih?”
Hesti : “Haha jadi anak cengeng banget sih tuh orang, mau jadi apa dia nantinya !(hesti mencibir ke arah Neri)
Yola : “Bener banget lo hes, setuju gua sama lo”.
          (memasang senyum licik)
Hafiz : “Bisa gak sih lorang itu sehari aja gk buat onar ??
Gw yakin pasti dosa kalian itu udah gk keitung lagi deh, gw saranin     aja deh cepet-cepet tobat lagi.”(Hafiz berkata dengan yakin)
Oktia : “Weww ada yang ceramah ni kayak nya. Ngeri deh gua.”
Hesti : “Kenapa lo Fiz ? Suka tah sama neri J?”
Hafis : “gua bukan nya suka tapi emang bener kan gak boleh
ngebentak orang lain.”
Ade   : “Ada apa ini ada apa ini ?”(Ade datang sambil senyum-senyum)
Yola  : “Ini si Neri sok-sok nangis manja ngadu sama genk rohis gak penting ini. Biar apa gitu masalah kecil kok dibesar-besarin.”
Aida  : “Ih Neri itu beneran sedihnya gak dibuat-buat.”
Hesti : “Alah bacot lo diem dikit napa?”(dia berkata dengan sewotnya)

Tiba-tiba Ade menjadi kejang-kejang dan menggelinjang di lantai kelas.
Aida, Hafiz, Neri, Yola, Hesti dan Oktia yang melihatnya menjadi panik
seketika.
Neri   : “Aduh kenapa lo Ade?”(mukanya panik)
Yola  : “Ish dibilangin juga pasti kejadian kan. Ade Ade!”
Hafiz : “Kejadian apa sih? Jadi gimana nih Ade?”
Hesti : “Alah bacot, udah bawa ke rumah sakit aja. Jangan ketauan guru woy!”
Aida  : “Emang Ade kenapa sih? Masya Allah…”
Yola  : “Gak usah sok sibuk lah, Hesti telfonin Supir Pribadi lo sih minta anterin ke Bumi Waras nih si Ade.”
Ade   : “Ya..ampun, ja..jauh amat….”
(terbatabata sambil memegang dadanya).
Oktia : “Oke kita bawa Ade keluar tapi jangan ketahuan guru, De lo masih kuat jalan kan?”(meminta persetujuan Ade).
Hafiz : “Ya kalau gak kuat jalan lagi bisa gw gendong.”
(memamerkan otot-ototnya).























III


Di Rumah Sakit…
Mereka semua menemani Ade yang sedang terbaring lemah di ruang VIP

Ade   : (terbaring lemah tak berdaya) “Ya Allah ampuni aku.”
Neri   : “Lo kenapa sih De? Sakit apa?”
Oktia : “Diem aja sih Ner gak usah sok sibuk!”
Yola  : “Iya juga sih gak usah ikut campur!”
(menatap Neri dengan tatapan tidak senang)
Hafiz : “Kamu orang ini, si Neri kan cuma mau nanya doang. Iya, emang lo sakit apa De?”(Hafiz mencairkan suasana.)
Aida  : “ Iya kayaknya parah banget sih.”
Hesti : “ Emang perlu kamu orang tau. Gak usah sok perhatian deh.”
Ade   : (berkata dengan lemah) “udah jangan berantem temen-temen. Gue…”
Hesti : “Apa?! Temen ? Siapa temen ? Dia orang lo bilang temen, najis.”
(Hesti mencibir kearah genk anak rohis)
Ade   : “Udah Hesti jangan kayak gitu, kita semua sama kok manusia biasa jangan saling menindas karena kita semua mati pada akhirnya.”
(berkata dengan lemah dan terbata-bata)
Yola  : “Lo ngomong kayak udah mau mati aja.”
Neri   : “Astaghfiruloh, gak boleh ngomong gitu. Ajal manusia itu cuma Allah yang nentuin, lagipula ucapan itu adalah Doa.”
Ade   : “La illaha Illawloh Muhammadar Rasu…..lu…lo..o..hhhh…….”
          (Ade menghembuskan nafas terakhir)
Oktia : “Ade jangan mati Ade tolong Ade jangan mati sih Ade.”
          (Oktia Panik)
Yola  : “Ade ! Bangun De , wih lo sih Ner bacot lo itu sih shiiiit lah.”(matanya melotot ke arah Neri)
Aida  : “Inalillahiwainallilahirojiun.”
Hesti : “Adeee baguuuuun!” (matanya berlinang)
Hafiz : “Inalilahi Wa Inallilahi rojiun… Telah berpulang ke rahmatulloh…”




IV

Hari itu juga Jasad Ade disemayamkan, mereka semua ikut mengantarkan Ade ke peristirahatan terakhirnya, walaupun ada perasaan yang tidak enak antara masing-masing, mereka mencoba untuk menutupi perasaan itu. Demi khusyuknya, pemakaman Ade Sore itu…

Semua: (membacakan doa untuk Ade)
Hesti : “Ini semua salah kita kenapa kita ngebiarin temen kita terjerumus sampai harus kehilangan nyawa kayak gini, malahan gw juga ikut terjerumus, dan sekarang gue gatau harus bagaimana kalau gue sakau, gue…gue galau.”(rintih Hesti sesekali mengusap pipinya).
Oktia  : “Lo gak boleh gitu Ti, ini semua juga bukan salah kita sepenuhnya sebagai seorang temen yang gak peduli dengan gimana nasib dia nanti kalau jiwanya udah direnggut oleh batangan rokok dan serbuk putih itu. Ya who knows lah, ajal ditangan Tuhan. Gw sama Yola siap bantuin lo Kapan aja lo butuh Ti.”
Oktia : (menganguk lsu menatap nisan Ade)
Aida  : “Ehm, maaf kalau gue nyela, bener kata lo Ajal itu ditangan Allah, Cuma Allah yang tau, dan gak ada satupun umat manusia yang bisa menunda atau membatalkan dan mencegah jika ajalnya telah tiba..”
          (Aida maju mendekati Hesti, Yola dan Oktia)
Hafiz : “Kita Cuma bisa memperbekali diri dengan Pahala yang sebanyak-banyaknya. Ya kalau memang enggak bisa ngumpulin pahala seenggaknya kita bisa menghindar jauh-jauh dari dosa.”
Hesti : “Tapi gimana kalau kita udah terlanjur larut dalam dosa yang menumpuk di diri kita?”(air matanya mengalir)
Neri   : “Lo harus hadapi hidup, lupain dosa lo dan berusaha ngumpulin pahala itu sebanyak-banyaknya biarlah dosadosa lo itu menjadi alat untuk memotivasi lo.”(menepuk bahu Hesti)
Yola  : “Hhhh, bagus deh. Selamet yah kalian anak rohis udah bisa ngebuat kita tobat. Tapi tobat dalam sekejap Cuma ada di dongeng aja, kalau gue sih belum mau tobat sekarang, ya tapi kalau lo Ti sama Oktia kalau mau tobat sih silahkan.”(menyringai ke arah genk anak rohis).
Neri   : “Yola! Lo kok ngomong gitu sih, masya Allah…”


SELESAI

{ 4 komen nih...... read them below or add one }

Ohanzee Rushee said...

karyta spa tu mba ??
kren bget...

bagas said...

hebat ini sangat menakjubkan tapi sayangnya ngetiknya gak urut

Yola Svtr said...

karya saya :) untuk tugas sosio walaupun agak kacau dan jayus.

gak urut gimana kk ? wkwk

haiqal said...

keren bro :D

Post a Comment

Thankssss for the visit !!! Finally I get 20000 visitors since April 2011. Yep, I don't know exactly how many people have been visit my Blog since 2009 by the way,


THANKS I'M HAPPY :)